Bob Sadino, dari penjual telur hingga menjadi pengusaha sukses

bob rip

Almarhum Bob Sadino barangkali adalah pengusaha paling nyentrik yang kita kenal di Indonesia.

Mendiang Bambang Mustari Sadino alias Bob Sadino adalah salah satu contoh pengusaha sukses yang sebelumnya jatuh bangun ketika merintis bisnis. Sempat menjadi karyawan perusahaan berstatus badan usaha milik negara selama 9 tahun, Bob memutuskan keluar dari pekerjaan itu dan menjadi pengusaha.

bob muda

Pekerjaan pertama yang dilakoni Bob Sadino setelah keluar dari perusahaan adalah menyewakan mobil Mercedes yang ia miliki, ia sendiri yang menjadi sopirnya. Namun sayang, suatu ketika ia mendapatkan kecelakaan yang mengakibatkan mobilnya rusak parah. Karena tak punya uang untuk memperbaikinya, Bob beralih pekerjaan menjadi kuli bangunan dengan upah harian Rp.100.

bob sadino

Suatu hari, seorang teman menyarankan Bob memelihara dan berbisnis telur ayam negeri untuk melawan depresi yang dialaminya. Bob tertarik dan mulai mengembangkan usaha peternakan ayam. Ketika itu, di Indonesia, ayam kampung masih mendominasi pasar. Bob-lah yang pertama kali memperkenalkan ayam negeri beserta telurnya ke Indonesia. Bob menjual telur-telurnya dari pintu ke pintu. Ketika itu, telur ayam negeri belum populer di Indonesia sehingga barang dagangannya tersebut hanya dibeli oleh ekspatriat-ekspatriat yang tinggal di daerah Kemang, serta beberapa orang Indonesia yang pernah bekerja di luar negeri.

 

Seiring berjalannya waktu, telur ayam negeri mulai dikenal sehingga bisnis Bob semakin berkembang. Bob kemudian melanjutkan usahanya dengan berjualan daging ayam. Selain memperkenalkan telur ayam negeri, ia juga merupakan orang pertama yang menggunakan perladangan sayur sistem hidroponik di Indonesia

Kisah sukses bob Sadino juga telah di bukukan.

bob mreka bilang saya gila

Berikut kutipan kata inspiratif dari buku “Mereka Bilang Saya Gila”:

1.Tak ada kenyamanan di hari tua bagi orang yang malas di masa muda

2.Kalau mau jago teori, belajarlah di sekolah. Kalau mau jago praktek, belajarlah di lapangan

3.Saat kau patok masa depanmu hanya dengan ukuran uang, saat itu pula masa depanmu             melayang

4.Bersenang-senanglah, jadilah orang gila, jadilah orang aneh. Keluar dan buatlah masalah!

5.Selangkah demi selangkah. Istirahat jika lelah. Tak pernah benar-benar berhenti, kecuali mati

6.Kegagalan adalah bahan bakar keberhasilan

7.Bangun pagi jangan tidur lagi. Ayam saja sudah ikhtiar menyambut rejeki

8.Hidup itu sederhana. Penuhi syarat-syaratnya, ambil hasilnya, terima konsekuensinya

9.Pendidikan di sekolah lebih banyak mempersiapkan siswanya menjadi jongos daripada jadi boss

10.Di sekolah, para calon jongos diajar untuk tidak boleh salah

11.Berani culas? Siap-siap kena libas

12.Belajar di sekolah akan membuatmu merasa pandai. Praktek di jalanan akan membuatmu pandai merasa

13.Orang goblok cari cara, orang pintar cari alas an

14.jika Anda ingin terbang tinggi seperti Rajawali, jangan bergaul dengan ayam kampung!

15.Kemauan lebih penting dari pada kemampuan

16.Jika Anda tidak bisa, Anda harus bisa. Jika Anda harus bisa, Anda pasti bisa!

17.Rasa putus asa akan membuat apa yang kita cita-citakan semakin menjauh dan kemudian menghilang

18.Orang yang paling miskin adalah orang yang tidak punya impian!

19.Makin tinggi sekolahnya, makin pinter pikirkan resiko tapi makin minim tindakannya

20.Kita belajar dari kegagalan, bukan dari sukses. Sukses adalah guru yang miskin!

21.Pikiran besar tidak pernah ada tanpa sebuah sentuhan kegilaan.

22.Susah senang memang harus dijalani dengan penerimaan yang sama

23.Selangkah demi selangkah. Istirahat jika lelah. Tak pernah benar-benar berhenti, kecuali mati

24.Jika ada yg bilang kamu Gila, anggaplah itu pujian. Einstein, Galieo, Thomas Edison juga dulu dianggap Gila, padahal?

25.Jangan lakukan sesuatu hanya karena pertimbangan duit, Duit dan DUIT

26.Tetaplah goblok, jadilah kaya, be entrepreneur, gajilah orang pintar.

27.Sukses adalah sebuah puncak dari sebuah gunung yang bernama kegagalan

28.Tempatkan dirimu dlm situasi di mana kamu “mungkin” gagal. Dan kamu kelak lbh banyak alasan untk merayakan kesuksesan

29.Terlalu banyak alasan akan membuatmu gagal beneran

30.Kemalasan adalah lokomotif yang menarik gerbong-gerbong kehidupanmu di atas sebuah rel menuju kegagalan

Dari berbagai sumber

 

Advertisements

Inspirasi dari air

 

water drop“Orang mencari air saat keletihan untuk meneduhkan dan melepaskan dahaga maka buatlah orang lain mencarimu bukan terutama karena namamu tetapi karena kasih yang telah kamu salurkan dan pengampunan yang kamu wujudkan”Ps Yos Sahabat Doa

 

water flow

“Be like water its way to crack. Do not be assertive,but adjust to the object,, and you shall find away around or through it. If nothing within you stay rigid,outward things will disclose themselves. Empty you mind,be formless. Shapeless like water. If you put water into a cup, it become the cup.you put water into  a botlle, it becomes the botlle. You put in a teapot, it becomes the teapot. Now,water can flow or it can crash. Be water ,my friend”. Bruce Lee

watedr drop 2

“You don`t drown by falling in the water.You drown by staying there”.Louis Cole

12 KATA-KATA MOTIVASI BOB SADINO

12 kata-kata motivasi dari Bob Sadino :

1. Yang beneran punya, ngga akan banyak bicara seperti mereka yang berlaga SOK PUNYA”.

Kata kata ini ditujukan untuk orang yang berlagak punya padahal dia tidak memiliki apapun. Apalagi bila berkaca pada diri Om Bob yang memang sangat sederhana, meski harta yang dia miliki sangatlah banyak dan berlimpah.

2. Setiap bertemu orang dengan orang baru, saya selalu mengosongkan gelas saya terlebih dahulu.
Artinya saat bertemu dengan orang yang Anda kenal sebaiknya Anda janganlah sombong sebaiknya kosongkanlah dulu semua itu, karena siapa tau orang yang baru Anda kenal lebih memiliki segalanya dibanding Anda.

3. Orang goblok itu ga banyak mikir yang penting melangkah, Orang pintar kebanyakan mikir akibatnya tidak pernah melangkah.
Yups “Goblok” adalah kata ciri khas dari Om Bob yang bahkan beliau sendiri mengatakan bahwa dia adalah orang goblok yang berani melangkah, di bandingkan orang pintar yang kebanyakan berfikir namun tidak pernah melangkah.

4. Setinggi apapun pangkat yang Anda miliki, Anda tetaplah karyawan. Sekecil kecilnya apapun usaha Anda, Anda adalah BOSnya.

Om Bob selalu menekankan bahwa lebih baik menjadi seorang pengusaha. Bahkan meskipun usaha yang dibuka sangat kecil itu lebih baik dari sebesar apapun pangkat yang Anda miliki.

5. Berhenti membuat rencana, MELANGKAHLAH!
MELANGKAHLAH adalah kunci rahasia sukses dari Om Bob dalam membangun bisnisnya,daripada banyak berfikir mending banyak melangkah, betul?

6. Orang goblok sulit dapat pekerjaan, akhirnya buka usaha sendiri. saat bisnisnya berkembang, orang goblok mempekerjakan orang pintar.

Om Bob mengaku dirinya bukanlah orang pintar, ia bahkan bukan seorang sarjana, tapi lihat karyawannya adalah orang orang yang notabene sarjana.

7. Dibalik setiap harapan selalu diikuti kekecewaan, jadi berhentilah berharap.

Hampir dalam setiap menjadi pembicara dalam sebuah seminar Beliau selalu mengatakan hal tersebut, janganlah berharap pada suatu hal, karena apabila tidak terwujud akan kecewa, jadi daripada kecewa mending tidak pernah berharap bukan?

8. Bisnis itu hanya modal dengkul bahkan jika Anda tidak punya dengkul pinjam dengkul orang lain.

Bahkan saat ditanya oleh seorang peserta seminar :
Pembicara : “Om Bob saya mau mulai bisnis, tapi gapunya modal”
Om Bob : “Kamu punya dengkul ?”
Pembicara : : “Punya Om”
Om Bob : “Kalau gitu saya beli dengkulmu 100 jt, mau?”
Peembicara : “Gamaulah Om”
Om Bob : “Kalau gitu dengan 1 dengkulmu saja kamu sudah punya modal 100 juta AHHAHAHAHAHAH”
Simpel bukan ?

9. Semakin goblok seseorang akan kian banyak ilmu yang diperolehnya saya menggoblokan diri sendiri sebelum menggoblokan orang lain”.

Hahahahaha ini adalah perkataan Om Bob yang paling “Ekstrem”, Karena memang Om Bob mengatakan bahwa dia sendiri adalah orang “goblok” sehingga dia sudah menggoblokan dirinya sendiri sebelum menggoblokan orang lain.

10. Kamu ini bangun pagi, mandi, pamit kerja, pake seragam, kaki dibungkus sepatu, berangkat pagi pulang malam bayaran ga seberapa. KERJA APA DI KERJAIN ?”

Sebelum menjadi pengusaha, Om Bob adalah karyawan di perusahaan swasta di Belanda. Namun karena memang dia kesal dengan sang Bos sehingga dia keluar dan berjuang menjadi pengusaha, sehingga dia selalu mengatakan hal ini kepada karyawan.

11. Saya bisnis cari rugi, ketika rugi saya semangat, dan jika untung bertambah rasa syukur saya.

Dalam berbisnis, kita harus siap dengan segala kemungkinan. Jangan sampai kerugian melemahkan semangat Anda.

12. Saya tidak mau pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki terkubur bersama tubuh saya ketika mati kelak.

TRY SOMETHING NEW 4 30 DAYS

Habis nonton video Matt Cutts di TED.com. Sangat menginsiprasi dan memberi tantangan buat gue untuk melakukan hal yang baru sepanajang 30 hari ini. Dan inilah list tantangan yang akan gue hadapi:
1.Bangun Pagi –waduh gue udah lama gak bisa bangun pagi,walau alarm udah bunyi jam 5 tapi tetep aja tidur lagi.So mulai besok gue bakal nantang diri gue untuk bangun pagi.
2. Alone with GOD–ngobrol sama pencipta gue.I miss HIM so much
3.Doing circuit training–olahraga cuy biar sehat
4.Take different route to go home–cari rute baru untuk pulang
5.Change rice with fruit or potatoes—mengganti makan nasi dengan buah ato kentang ato makanan lain
6.Write jurnal–menulis bro…mimpi gue untuk membuat tulisan harus dimulai sekarang
7.watch ted.com once a day–gila nih web inspirasional bgt ternyata
8.tweets one inspirational quotes a day—mencoba menebarkan kata-kata yang memberi semangat kepada yang lain
9.Have a vacation—–cuti ah sehari aja….
10. 1 day destination nowhere—kemana aja secara tiba-tiba..apa jadinya ya….

Udah ah jangan banyak-banyak takutnya malah gak bisa.So ganbate my self!