#BOOK REVIEW: KAMPRET: METODE UNIK UNTUK MENDONGKRAK KREATIVITAS ANDA

 

Salah satu modal menjadi Entrepreneur atau Wirausaha adalah kreativitas. Nah terkadang saya  bingung untuk mendapatkan kretivitas itu. Pikiran mentok sehingga kreativitas pun tidak di dapat. Beruntung saya membaca sebuah buku berjudul, KREATIVITAS UNTUK BOOMING, UBAH IDE KREATIVITAS ANDA JADI MESIN UANG KARYA ARIS ANANDA. Di buku ini saya mendapatkan sebuah metode yang bernama KAMPRET. KAMPRET? Iya betul KAMPRET. Tapi bukan binatang sejenis kelelawar itu ya. KAMPRET itu adalah singkatan dari

K= kombinasi,

A= Adaptasi,

M=Modifikasi atau maksimalisasi,

P=pasang pada kegunaan lain,

R=Rombak(dibalik atau di atur ulang),

E=Eliminasi atau Minimalisasi,

T=tiruan pengganti.

Dalam buku ini, Aris Ananda menuliskan bahwa metode KAMPRET ini berasal dari metode SCAMPER yang di ciptakan oleh Alex Osborn. Sebenarnya metode ini digunakan untuk kacamata. Namun dalam hal kreativitas ini, Aris Ananda ingin kita belajar tentang cara pandang. Cara pandang yang bagimana? Cara pandang yang berbeda dari cara pandang orang kebanyakan. Dalam bukunya Aris Ananda menyebut kan dengan cara pendang yang berbeda ini dapat menciptakan sebuah DEVIASI dalam ide.  DEVIASI adalah sebuah pemikiran berbeda dari yang sudah ada.

Lanatas bagaimana kita memakai metode KAMPRET ini dalam kreativitas kita? Ini dia. Saatnya mencoba.

Kita mulai dengan KOMBINASI.  Ini adalah menggabungkan dua bentuk ide atau produk sehingga menciptakan sesuatu yang berbeda.

Adaptasi juga dapat menciptakan deviasi. Misalnya di buku ini di contohkan seorang penyanyi yang berdandan seperti pesulap.

Maksimalisasi, adalah berbagi cara memperbesar, menambah, atau menggandakan ide atau produk yang kita punya.

Modifikasi adalah mengubah bagian atau elemen tertentu dari produk atau ide hingga menjadikannya berbeda.

Pasang di kegunaan lain, di sini  di jelaskan bahwa sebuah ide atau produk yang biasa digunakan untuk keperluan A, mungkin bisa unik atau lebih berhasil jika digunakan untuk keperluan B atau Z.

Rombak(dibalik atau Diatur ulang). Ida atau produk kita coba di rombak atau di atur ulang.dan tanpa sadar kita telah menciptakan sesuatu yang baru.

Alurnya dibalik. Pernahkan anda menonton film tentang seseorang yang dimulai dari usia tua lama-lama menjadi usia muda? Nah itulah salah satu contoh alur yang di balik.

Eliminasi atau memperkecil. Dalam eliminasi ini,  ide atau produk kita lebih di sederhanakan, atau  di kecilkan, atau kalo perlu membuang bagian yang tidak terlalu penting.

Terakhir adalah Tiruan Pengganti (Subtitusi).  Ini adalah suatu metode trial and error untuk mengganti satu hal dengan hal yang lain sampai anda menemukan ide yang tepat.

Nah menarik kan metode KAMPRET ini? Saya sendiri tertarik untuk mencobanya dalam ide-ide saya. Semoga tulisan saya ini bermanfaat bagi anda semua. Selamat menjadi KAMPRET eh maksudnya mencoba metode KAMPRET ini…Salam belajar Sukses

 

 

Advertisements

Author: asrindrawibowo

seorang yang sedang belajar untuk menjalani kehidupan dengan membagikan gambar yang terekam dalam lensa kamera dan cerita dari orang-orang luar biasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s