STEPHEN WILTSHIRE:PELUKIS AUTIS, YANG DAPAT MELUKIS PEMANDANGAN KOTA SECARA DETAIL

Hai saya Asrindra Wibowo, hari ini saya ingin membagikan sebuah cerita tentang seorang pelukis pemandangan kota (city landscape) bernama Stephen Wiltshire. Saya tahu tentang Stephen ini dari postingan di facebook dari teman saya, dan saya sangat kagum dengan dia. Di tambah dengan rasa ingin tahu saya, kekaguman sayapun tentang Stephen semakin bertambah.

stephen-wiltshire-story

Stephen Wiltshire adalah warga negara Inggris kelahiran tahun 1974. Ia di diagnosa mengalami autis pada umur tiga tahun.Di umur lima tahun, saat dia dikirim ke sekolah Queensmil School di london, dia mulai menyukai melukis yang segera menjadi cara berkomunikasinya yang baru.

stephen-kecil

Bakat melukis Stephen terus berkembang dan dia pun mulai membuat buku berisi karya-karyanya yaitu Drawing (1987),Cities(1989), dan Floating Cities(1991), dan American Dream (1993).

Berkat lukisannya yang luar biasa,Stephen dapat mengunjungi berbagi negara di dunia.

Tahun 1992, ia dapat undangan ke Jepang, dan ia menggambar banyak bangunan penting seperti gedung pemerintahan di Tokyo, dan pusat perbelanjaan di Shinjuku dan Ginsha.

ini videonya:

Pada tahun 2001 ia muncul dalam film dokumenter BBC , Fragmen Genius. Ia difilmkan terbang di atas London melalui helikopter dan kemudian menyelesaikan ilustrasi dari udara dalam waktu tiga jam; gambarnya sangat  rinci dan sempurna termasuk 12 tempat-tempat bersejarah dan 200 struktur lainnya.

Sejak itu Stephen mulai menggambar kota-kota di dunia. Hongkong,Roma, Dubai, madrid,yerusalem, dan banyak kota terkenal dunia lainnya. Uniknya dia melukis hanya berdasarkan ingatannya dengan melihat sekali saja dari dalam helikopter.

Pada bulan Januari 2006 diumumkan bahwa Stephen diangkat oleh Ratu Elizabeth II sebagai Anggota Orde dari Kerajaan Inggris, sebagai pengakuan atas jasanya untuk dunia seni.

Pada bulan Juli 2014, Stephen ditugaskan oleh Singapore PH untuk membuat gambar panorama kota, yang menjadi bagian dari National Collection of Singapore untuk merayakan ulang tahun ke-50. Ratusan pengunjung menghadiri pameran di hanya 5 hari, menetapkan rekor kehadiran dalam sejarah negara itu.

ini videonya:

Apa yang terjadi pada Stephen membuat saya mendapatkan suatu pelajaran hidup. Jangan fokus pada kelemahan kita,tetapi fokus apa yang menjadi kekuatan kita.Minat atau bakat kita harus dilatih terus hingga kita semakin menguasainya dan orang lain akan melihatnya. Selamat mendapat inspirasi teman-teman.

sumber:Stephen wiltshire official site

 

Advertisements

Author: asrindrawibowo

seorang yang sedang belajar untuk menjalani kehidupan dengan membagikan gambar yang terekam dalam lensa kamera dan cerita dari orang-orang luar biasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s